Selasa, 31 Maret 2020

Cerita Tentang Mie Ayam


Oleh : Gustyanita Pratiwi

Kalau dihadapkan pada semangkuk bakso atau mie ayam, udah pasti gw bakal pilih mie ayam. Bukan karena ngebenci bakso, bukan, tapi kalau nyemilin baksonya doang kok rasanya kurang (((perasaan macam huapaaah inih ?). Ya bayangkan aja, semangkuk bakso kalau pesan yang bukan kosongan kan cuma dikasih bihun atau mie kuning sekedarnya, udah gitu baksonya cuma 3 butir. Bakso urat 1, alusnya 2. Yeikan sekarang bakso semakin sedikit ya karena mungkin bahan bakunya mahal. Paling yang dibanyakin cuma kuahnya doang. Lainnya paling tambah-tambah cesin atau pokcoy. Kurang boook, sekali sruput langsung abis sampai ke dasar mangkok. Kecuali kalau nyemilinnya pake nasi. E dulu jamannya gw kecil sempat mengalami trend loh kalau makan bakso pake nasi atau kalau ga ya mie pake nasi. Double karbo amat yak. Gegeggekk. #GustyanitaPratiwi_kuliner

Baca juga : Safari Pecel Ayam

Senin, 30 Maret 2020

30 Jajanan Pasar Khas Indonesia yang Aku Suka


Oleh : Gustyanita Pratiwi

Hellllllaaaaaw, apa kabar teman-teman semua ?
Semoga masih pada sehat-sehat ya....

Oh ya, berhubung peralatan tempurku buat ngeblog (baca : tab, leptop, dan juga HP ku lagi pada angin-anginan alias ada yang retak karena jatoh, ngehank, dan yang lainnya lelet parah, aku mau nyicil stok postingan dulu lah ya. Ga pada bosen kan? Ntar kalau uda pada bosen ama tulisan kulinerku, takhibernasi dulu deh ya, wkwkwk #alesan ae Luh Mbul, padahal sebenarnya lagi mandan malas update karena every single time ngebaca berita tentang corona. Ya, ntar deh kalau coronanya uda berlalu, mungkin mood nulisku akan balik lagi, heuehhehe #alesan opo iki Mbul.

Oh ya, kali ini aku mau majang foto-foto jajanan pasar yang seperti biasa huntingnya uda dari kapan tau ya #minta digibenk banget kan cuma pajang pamer fotonya doang hahahah, ampunih aku pemirsa, tapi beginilah sejak blog ini pengen aku banyakin postingan kuliner dan sedikit demi sedikit mulai membatasi tulisan yang too much personal, jadi ya monmaklum kalau isinya seringnya makanan moloooooo. Sebab ga bisa dipungkiri bahwa setelah sakseis mengupload foto-foto makanan yang menggugah selera, ga terasa, timbul kepuasan dalam diri ini #eduuuuun bahasa w. Oke lah daripada berpanjang-panjang kata, langsung aja ini dia jajan pasar yang aku suka. #GustyanitaPratiwi_kuliner.

1. Kue Lopis/Lupis

Kue lopis atau  lupis terbuat dari beras ketan yang dikukus. Warnanya hijau, bentuknya segitiga. Kue ini biasanya digunakan sebagai pelengkap cenil, jajan pasar yang terbuat dari beras ketan, berbentuk bulat pipih, dan biasanya berwarna cerah seperti pink atau merah muda dan juga putih. Cenil ini dimakan bersamaan dengan klepon dan lupis itu tadi yang di atasnya disiram dengan menggunakan kuah gula merah atau yang biasa disebut sebagai juruh. Dia juga akan lebih lengkap jika dimakan bareng taburan parutan kelapa. Nah, cenil ini biasanya dibungkus dengan tum-tuman daun pisang.  Sayangnya, sejak tinggal di Tangerang aku agak kesulitan menemukan cenil. Adanya kue lopisnya thok yang biasa dijual gerobagan bareng jajanan pasar khas Medan lainnya semisal klepon yang gedenya sak-hoh-hah (e ini bahasa perumpaman gede-gede dalam bahasa Jawa aja ya hehe), putu bambu, dsb. Aku suka kue lopis karena pada dasarnya aku memang menyukai makanan berbahan dasar ketan.


Jumat, 27 Maret 2020

Bakpao Medan


"Bakpaonya Jumbow, Isiannya Meleleh !

Oleh : Gustyanita Pratiwi

Kalau gw hitung pake jari, tukang makanan yang biasa ngiter di tempat tinggal W lumayan banyak loh. Dalam sehari, bisa ada beberapa macam pedagang yang keliling menggunakan sepeda motor ataupun sepeda onthelnya. Ada tukang Sari Roti, Tahu Susu garis miring Tahu Bandung, Susu Nasional, Siomay, Es Kado, Chi Cong Fan dan Bakpao Medan. Ntar agak maleman dikit, baru ada bakso tik tok tik tok, tukang nasgor tek tek, sampai tukang sekuteng. Tapi memang akhir-akhir ini ga semuanya ngiter sih. Sekarang mah sepi...paling cuma ada 1-2 aja yang masih rajin keliling. Salah duanya ya Sari Roti dan Bakpao Medan. #GustyanitaPratiwi_Kuliner

Baca juga : "Menu Masakan Padang ini yang Aku Suka"
Baca juga :  "Berburu Jajan Pasar di Daerah Pejagoan Kebumen"

Selasa, 24 Maret 2020

Sate Partodrono, Paling Terkenal Seantero Pituruh (Lokasi Dekat Pasar dan PLN Pituruh)


Sate Partodrono, Paling Terkenal Seantero Pituruh (Lokasi Dekat Pasar dan PLN Pituruh)

Oleh : Gustyanita Pratiwi

NB : Liputan kulinernya seperti biasa udah lama ya kayak yang udah aku ceritain di sini. Soalnya kalau dalam bulan ini kan ga kemana-mana alias di rumah aja seperti yang dianjurkan oleh pemerintah. Namun, karena draft sudah meng-awe-awe diriku supaya segera mempublish tulisan terbaru, jadi monmaklum kalau tulisannya super duper latepost #hiyahiyahiya #GustyanitaPratiwi_Kuliner


Oke, bismilahirohmanirohim...

Kali ini aku akan cerita tentang sate yang cukup terkenal di daerah Pituruh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Lokasinya cukup dekat dengan rumah alm. Simbah yang ada di Pituruh. Persisnya deket dengan Kantor PLN Pituruh, sebelum Pasar Pituruh. Nah, bagi yang belum tahu Pituruh itu ada dimana, andai kita melintasi jalan raya yang menuju Kutoarjo, pasti lewat daerah Klepu kan (itu loh yang terkenal dengan Sate Tupainya~~tapi aku belum pernah coba sih hihi). Nah, Pituruh ini kalau dari Pertigaan Klepu, dia masuk ke utara, luruuuuuuuus terus nyampe tuh ke alun-alun, terus maju dikit lagi ketemu deh ama plang kantor PLN Pituruh yang depannya pasar. Nah, deket-deket situ tuh ada warung makan yang bentuknya kayak rumah biasa. Tapi jangan salah ! Meskipun tampak luar kayak rumah biasa, tapi terkenalnya udah seantero jagad Pituruh dan sekitarnya lho. Coba aja tengok sebelah kiri jalan pasti ada papan bertuliskan "Sate Partodrono, Rumah Makan Sederhana, Sate-Gule-Tongseng Kambing Muda plus Nasi Rames".


Kamis, 19 Maret 2020

Nostalgia Jalan-Jalan ke Candi Borobudur, Magelang, Indonesia Tahun 2015 (Sebelum ada Beiby)



Nostalgia Jalan-Jalan ke Candi Borobudur, Magelang, Indonesia Tahun 2015 (Sebelum ada Beiby)

Oleh : Gustyanita Pratiwi

Nb : Sebenarnya udah pernah posting cerita tentang Borobudur beberapa tahun silam. Malah postingannya aku bikin menjadi 2 bagian. Tapiiiii, karena waktu itu aku ga ngeh ada oknum blogger Auto Generate Content (AGC) yang menyedot artikelku sebanyak 150 artikel, makanya aku agak nyesek juga pas tahu digituin. 


Nyeseknya bukan karena apa-apa, tapi jelek-jelek begini kan tetep saja artikelku diambil tanpa ijin. Udah gitu diadsense-in pula. Kan susah ya bikin cerita ngalor ngidur berdasarkan pengalaman pribadi by kamera sendiri pula. Terus tiba-tiba disedot begitu aja, tanpa tedeng aling-aling bat bet bat bet. Mana sekarang akibatnya traffict blogku kesalip ama blog dia lagi. Jadi kalau aku search kata kunci ceritaku sendiri, yang nongol di atasku ya blognya dia. Blog aku ketilep, kadang ga keindeks, dan kalau dikorek-korek selalu ada di bawahnya. Jadi kayak diduplikat kontennya. Nyeseknya lagi adalah dulu itu aku kan masih polos ya, cupu gitu lah dalam hal ngeblog, foto ga dipakein watermark, lalu belum ngeh pula tentang pentingnya mencantumkan link ke blog sendiri di setiap postingan (itu loh yang misalnya ada tautan ke artikel lain yang awalnya ada tulisan baca juga di link bla bla bla). Nah ternyata karena sama sekali masih polosan belum jago ini itu, ya udah jadilah korban blog auto generate content yang ga perlu nulis artikel tinggal nyedot punya orang. Nyedotnya lewat mana kok bisa samaan plek ketiplek tiplek sama gitu ma blogger originalnya. Lewat feed Qaqa. Makanya sekarang tuh aku ngerasa terdzolimi karena dibikin rempong oleh blog macam ini. Dulu pernah kulaporkan ke DMCA sih, tapi ga tau kenapa blog tersebut masih ada. Artikelku yang dicurinya belum dihapus juga. Secara dikontak pun ga bisa karena ga ada kontaknya. Maksudnya kalau ada kontaknya kan bisa kutunggu itikad baiknya buat menghapus artikel colongannya itu. Eh ga ada sama sekali. Ya udah aku coba laporin aja ke DMCA pas tahun berapa gitu kalau ga salah 2016, tapi kayaknya ma google juga belum diapa-apain tuh, entah karena bahasa Inggrisku kacau atau ada step-step yang masih belum aku pahami waktu ngisi formnya. 

Ahhhh, ketimbang bete, karena beberapa popular post dan pengalaman travelingku seringnya ada di bawah blog dia rangkingnya, makanya aku tuh ingin mengatakan sungguh terrrr laaaa llluuuh. Sebagai tombo ati supaya ga patio gelo, ya aku pengen nulis ulang aja lah, dengan gaya bahasa yang sedikit beda, dan foto-foto yang masih pixel aslinya. Belum dirisize. Terus mau aku bombardir dengan watermark dan tambahin foto lainnya pula yang masih dalam satu moment pada waktu jalan-jalannya itu. Jadi kan ketahuan mana yang original. Karena mana ada kan yang palsuh megapixel fotonya lebih pecah, hahaha...kzl tapi kudu sabar....

Oke lah daripada berpanjang-panjang kata, udah ah...aku mau cerita lagi.

"One Day in H+4 Idul Fitri tahun 2015 ...."

Tahun 2015 adalah 2 tahun sebelum aku hamil si kakak.  Memang ceritanya waktu itu pas ada agenda honeymoon yang direncanakan lantaran ngepasin masa subur berdasarkan promil yang sedang kami jalani #halah haha. Walaupun ujungnya belom 'jadi' juga sih karena tekdungnya itu baru pas menginjak tahun 2017. Etapi emang judulnya ga terlalu ngoyo juga sih, sebab pertama...emang wayahnya lagi ga memungkinkan untuk terlampau santai karena masa-masa lebaran yang pastinya agak hectic karena ketemu banyak orang. Kedua, honeymoonnya sebenarnya juga dadakan aja hahahahha.... 

Pas ngerasanya lagi jenuh muter-muter sekitar situ-situ aja, ya kenapa ga terlintas buat dolan agak jauhan dikit coba. Kan masih berdua ini. Mumpung belum ada yang bikin remmpong. Mikir kami begicuwww. Misalnya sampai Jogja atau Magelang. Cari hotel dan nginap sehari semalam, terus jalan-jalan, kulineran deh. Cobain makanan khasnya, phota-photo, ntar taruh blog #jiahahah tetep ya khontheeeend.

Selasa, 17 Maret 2020

Ndekem Terus Dalam Rumah Kayak Ibu Kucing...



By : Gustyanita Pratiwi

Dalam Bulan Maret emang ga ada kemana-mana. Ndekem terus kayak ibuk kucing yang ngelonin anak-anaknya, hehe... Bulak-balik bersih-bersih rumah, ngepal-ngepel, cuca-cuci, kebersihan lah pokoknya. Nyapu juga ada berkali-kali. E tapi itu sebenarnya udah rutinitas deng, sehari-hari juga udah gitu. 

Ilustrasi : foto si Gumi, kucing jaman masih ngekos, sekarang ga tau dia masih ada pa engga

Jumat, 13 Maret 2020

Warung Nasi Liwet Mbak Sri Kulon Keprabon Solo, Baru Tahu Wedang Dongo itu Sama Dengan Ronde


Warung Nasi Liwet Mbak Sri, Kulon Keprabon Solo, Baru Tahu Wedang Dongo itu Sama Dengan Ronde

By : Gustyanita Pratiwi

Karena kemaren udah nyobain nasi liwet, jadi kulineran pada malam kedua ini pengennya nyobain sesuatu yang lain. Walaupun judulnya sama-sama warung nasi liwet juga dan lokasinya pun masih sederetan dengan Nasi Liwet Bu Wongso Lemu, Keprabon Kulon Solo. Nah, tempatnya dimana? Namanya Warung Nasi Liwet Mbak Sri yang posisinya ada di paling kanan dari deretan warung makan yang ada. 

Di warung makan ini, yang menarik perhatianku justru bagian wedangan-wedangannya. Secara, begitu lihat banner di bagian depan warung, tertulis berbagai macam wedangan yang sebagian masih asing di telingaku. Sebut saja wedang dongo, wedang sekoteng, wedang es kacang hijau, wedang es kacang putih, wedang kelengkeng, wedang es jeruk, juga teh. Yang aku belum ngeh tampilannya kayak apa itu wedang dongo, wedang es kacang putih, dan wedang kelengkeng.

Semangkuk wedang ronde dengan indil-indil merah jambu dan putih yang terbuat dari tepung beras ketan, terasa syahdu diteguk bersamaan dengan air jahe, irisan kolang-kaling dan kacang sangrai (Gustyanita Pratiwi docs)

Kamis, 12 Maret 2020

Warung Es Masuk Solo : Hujan-Hujan Ngiyup Bentar Nyobain Bakmie dan Sotonya


Warung Es Masuk Solo : Hujan-Hujan Ngiyup Bentar Nyobain Bakmie dan Sotonya

By : Gustyanita Pratiwi

Usai perhelatan wisudanya Adek yang kini resmi menyandang status sebagai lulusan S1 kedokteran (tapi masih harus koas 2 tahun) di Gedung dr. Prakosa, Kantor Pusat UNS, perut uda mulai kruyuk-kruyuk dong. Lagaknya uda minta diisi karena sedari pagi sarapannya ngaco. Malah ada yang belum sarapan saking buru-burunya ngejer acara, haha. Sempet ada drama kumbara juga, karena sebelum beneran deal makan siang kan rombongan dibagi menjadi 2 tuh. Satu ikut rombongannya Pakdhe Akbar, satu ikut rombonganku. Yang ikut Pakdhe Akbar ada Budhe Puput (kakak gw red), Mas Ahza (ponakan ganteng), Uti, sama Tante Anis (Adek gw). Sementara yang ikut denganku ada Pak Suami (ya iya lah doi kan yang nyetirin sebab Pak Agus sedang istirahat di hotel), Kakung, aku, Acyiqa, en si Bontot Tenggara. Nah, tadinya kan Tante Anies uda ada agenda mau foto studio khusus untuk moment wisuda. Tempatnya kebetulan lumayan dapet yang mblusuk-mblusuk. Terus pas nyampe lokasi eh dapat antriannya jam 4 sore. Padahal waktu itu masih jem 12-an menuju jam 1 siang. Lama banget kan kalau musti stay di tempat buat nunggu sampai jam 4. Terus nyobain opsi di studio foto satunya. Jalannya agak jauh lagi, deketan ama jembatan layang. Mana parkirannya susah hahaha....Eh pas uda nyampe, malah background fotonya kurang banyak, walhasil jadi galau deh si Tante Anies antara jadi foto apa ga. Nah, daripada uda muter-muter belum nemu foto studio yang bisa motret saat itu juga, jadi lebih baik kami makan siang dulu. Kadung ngelih jew... 


Rabu, 11 Maret 2020

Gudeg Ceker Bu Kasno Margoyudan Solo, Buka Jam 2 Pagi udah Ngantri !



Gudeg Ceker Bu Kasno Margoyudan Solo, Buka Jam 2 Pagi udah Ngantri !

By : Gustyanita Pratiwi

Seorang perempuan berkonde cepol dengan kebaya melekat di badannya keluar dari garasi sebuah rumah dengan membawa baskom demi baskom jadoel bermotif hijau lurik dibantu dengan asistennya. Baskom tersebut berisi aneka macam lauk pauk teman makan nasi gudeg yang biasa ia masak pagi-pagi betul, bahkan ayam jago saja kalah set. Ada ceker yang menjadi primadonanya, ingkung ayam kampung baik yang bagian kepala, sayap, brutu, dada, maupun paha, telur pindang, puritan (telur yang belum begitu jadi dan bentuknya kecil-kecil warna kuning), krecek,  jeroan ati ampela, cabai rawit, areh atau santan yang teksturnya menggumpal, gudeg nangka beserta kuahnya, nasi liwet, tahu, tempe, juga sambal. Perempuan tersebut kemudian duduk dengan baskom yang sudah ditata mengelilinginya. Selanjutnya pelanggan yang sudah mengular di luar sana segera merapat menyebutkan pesananannya satu-satu. Ada yang makan di tempat, ada pula yang dibawa pulang. Lalu dengan cekatan Beliau meracik satu demi satu piring berisi nasi, gudeg, dan lauk pauknya. Meski terbilang sudah berusia senja, namun nyatanya hal tersebut tak menyurutkan semangat Beliau untuk terus konsisten menyajikan hodangan terbaik yang selalu dikangeni warga Solo maupun pemburu makanan lokal yanh legendaris ini. Beliau Bu Kasno, pemilik Gudeg Ceker depan Greja Kristen Jawa Mergoyudan Solo, sebelah barat SMA Negeri 1 Surakarta (SMANSA). 


Selasa, 10 Maret 2020

Nasi Liwet Bu Wongso Lemu, Kuliner Solo yang Ada Sinden Nembang Jawanya


Nasi Liwet Bu Wongso Lemu, Kuliner Solo yang Ada Sinden Nembang Jawanya

By : Gustyanita Pratiwi

Aku merasakan atmosfer Jawa yang sangat kental begitu memasuki warung makan Nasi Liwet Bu Wongso Lemu, di daerah Keprabon Kulon Solo. Bagaimana tidak, begitu makan, kami langsung diiringi dengan bunyi kecapi dan tembang Jawa yang dilantunkan oleh seorang sinden lengkap dengan sanggul dan kebaya hijaunya. Slamat-slamat mendengarkan suaranya yang merdu, bahkan sesekali mampu mencapai nada tinggi, membuatku seolah terhanyut terbawa suasana. 

Ya, hari pertama tiba di Solo langsung kami gunakan untuk ekspedisi kuliner malam. Salah satu tujuannya adalah Nasi Liwet Bu Wongso Lemu yang berada di Jl Teuku Umar, Keprabon Kulon Solo. Ternyata, sesampai di sana, tempatnya ga cuma 1 loh gaes yang mengklaim diri sebagai Nasi Liwet Bu Wongso Lemu, melainkan ada beberapa yang saling berdampingan. Katanya sih masih saudaraan. Tapi, aku sendiri memilih masuk di warung yang paling kanan. Soalnya kelihatan paling ramai. Udah gitu bannernya paling gede. Tulisannya "Nasi Liwet Bu Wongso Lemu Asli" Terkenal Sejak 1950, Keprabon Kulon Solo. Nah, kata 'Asli' nya ini lah yang meyakinkan kami buat mampir. Apalagi di bagian depan juga terpajang lukisan seorang perempuan Jawa yang aku taksir merupakan Bu Wongso Lemunya.

Baca juga : Sarapan di Doplak Nasi Kebuli Pak Adi Batang, Nyaamleng dan Marem Tenan !
Baca juga : Kuliner Solo Dekat UNS, SBC Special Cah Kangkung, Kangkungnya Lemes, Harga Mahasiswa Banget !

Senin, 09 Maret 2020

Pengalaman Menginap di UNS Inn, Penginapan di Kawasan Kampus UNS



Pengalaman Menginap di UNS Inn, Penginapan di Kawasan Kampus UNS

By : Gustyanita Pratiwi

Usai makan siang di SBC Special Cah Kangkung, kami bergegas menuju UNS Inn, penginapan yang sudah kami booking dalam rangka menghadiri perhelatan wisuda Adek yang lulus Fakultas Kedokteran tahun ini. Sengaja nginep di sekitar kampus supaya dekat dengan gedung yang akan dijadikan acara. Jadi begitu jam menunjukkan pukul 14.00 WIB, kami segera meluncur ke Jl Ir. Sutarmi 36 A, Kentingan, Jebres, Solo tempat dimana hotel berada.

UNS Inn termasuk ke dalam kategori hotel bintang 2 yang berkonsep Jawa Klasik. Hal ini terlihat dari desain interiornya yang di sana-sini kental nuansa Jawa. Misalnya terdapat kursi ukiran kayu khas Jawa yang ada di area lobby, juga hiasan dinding gunungan yang biasa ditemukan pada pertunjukan wayang kulit. Letaknya ada di dinding sebelah plang yang bertuliskan nama hotelnya. Ada pula dekorasi dokar (delman), sepeda unta (sepeda jaman dulu), permainan dakon, cermin antik, pajangan dari kuningan, dan batik khas Solo beserta canting dan juga malam atau lilin untuk membatiknya. Batiknya cakep-cakep deh. Ada yang sudah dalam bentuk baju, ada pula yang masih dalam bentuk kain. Berbagai corak serta warna. Ada yang cokelat klasik, adapula yang warna cerah seperti merah jambu dan lainnya. Saat masuk, kami juga disambut dengan alunan gending Jawa yang menambah syahdu suasana. Iramanya mengingatkanku akan bebunyian yang biasa terdengar di acara resepsi mantenan jaman doeloe, hihi...

Minggu, 08 Maret 2020

Kuliner Solo Dekat UNS, SBC Special Cah Kangkung, Kangkungnya Lemes, Harganya Mahasiswa Banget !



Kuliner Solo Dekat UNS, SBC Special Cah Kangkung, Kangkungnya Lemes, Harganya Mahasiswa Banget !


Jumat itu cuaca Solo lumayan gahar. Kami tiba sekitar pukul 11.30 WIB tepat sebelum sholat jumat, dengan kondisi mobil yang lumayan ngebut. Perjalanan membelah alas Roban, lalu memasuki tol Semarang, dan bermuara di Solo terasa singkat saja. Rupanya Pak Agus membawa mobilnya lumayan ngetril, sehingga aku yang duduk di jok belakang sampai bolak-balik terjaga, padahal mata sebenernya sudah ngantuk betul hampir seperempat watt karena trek yang meliuk-liuk. Tapi, untunglah saat menengok ke carseat samping, Tenggara masih tidur dengan pulasnya, sementara Cyiqa sudah dalam posisi tidur yang serampangan di jok tengah barangkali saking capeknya karena kami start dari Tangerang pukul 23.30 WIB pada malam sebelumnya. Pak Suami yang duduk di depan samping Pak Agus juga sudah bablas. Well, yang penting kami tiba di Solo tepat waktu meski dengan acara mandeg-mandeg berulang kali. Termasuk juga sarapan di daerah Batang.


Sabtu, 07 Maret 2020

Sarapan di Doplak Nasi Kebuli Pak Adi Batang, Nyamleng dan Marem Tenan !


Sarapan di Doplak Nasi Kebuli Pak Adi Batang, Nyamleng dan Marem Tenan !

Sarapan kali ini dipersembahkan oleh Doplak Nasi Kebuli Pak Adi di daerah Batang arah-arah menuju Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Wanjeeeeer jauh banget kan, sarapan aja gw bisa nyampe Mbatang #dalam rangka apa Mbul ?  Kalau diceritain panjang. Ini semua ada kaitannya dengan hestek #GustyanitaPratiwi_trip_to_Solo dan #GustyanitaPratiwi_jelajah_kuliner_Solo yang ntar lagi bakal aku tulis satu-satu. Siap-siap marem ya, isi blog ini berturut-turut bakal makanan semua huehehe...Deng ga spesifik makanan aja sih, soalnya emang kami ke Solo ada agenda penting alias acara keluarga. Yaitu ngehadirin hajatan wisudanya adek gw yang alhamdulilah udah lulus dari fakultas kedokteran salah satu PTN di Solo. Jadi ya wes lah sekalian aja kulineran. Kan di Jawa Tengah kulinernya enak-enak tur murah-murah. Jadi ya gw hayuk !

Sarapan nasi kebuli sungguh nikmat tiada tara (Gustyanita Pratiwi docs)