Jumat, 01 Maret 2019

Pengalaman Promil ke dokter Iwan Darmawan, Spog di RS Hermina Tangerang (Berhasil Hamil 2 Kali)




Aku termasuk yang ga langsung cepet dapet momongan waktu abis nikah. Lumayan lama? Sebenernya engga juga sih. Klo diitung-itung 3 tahunan lah ya. Sempet hamil di bulan ke-12 setelah nikah tapi ga berkembang. Abis itu kosong 2 tahun baru dapet testpack (TP) garis dua lagi. Jadi kosongnya itu belum sampai yang bertahun-tahun banget sih, tapi karena pada waktu itu bener-bener yang nungguin banget, jadi ya berasanya kok lama juga ya, hihi... 




Sebenernya di bulan ke-8 setelah nikah, aku ngebet banget pengen promil (program hamil). Promil yang ke dokter, karena klo alami, rasanya kok ya penasaran kenapa ga 'jadi-jadi'. 

Pernah niat buat rajin minum jus 3 diva, makan kurma muda (kurma ruthob) yang rasanya sepet gitu, minum vitamin e, sampe yang terekstrem nyobain terapi jeniper ala Dewi Yul yang sempet viral dan banyak dishare orang di sosial media. Ya pikirku namanya juga usaha yekan, siapa tau jodoh dan langsung bisa hamil. Namun yang terakhir ini ternyata harus berhenti di tengah jalan. Ga dibolehin ama Pak Su setelah ngeliat tata cara minumnya kok kayak kelipatan gitu perharinya. Jadi karena meringis ngebanyangin aku nenggak jeruk nipis bergelas-gelas tanpa campuran apapun, mana porsinya terus meningkat lagi setiap harinya, jadi aku disuruh stop. Katanya, takut klo perutku sampe melilit karena kebanyakan minum yang asem-asem, hahahhaa. Jadi di titik ini, aku ngerasa ikhtiarnya masih kurang. Masih yang setengah-setengah. Kentang alias kena tanggung. Udahannya, tiap weekend juga jarang lagi maksimalin masa subur. Karena pasti ada aja kegiatan yang bikin capek fisik huhuhu.

Uda pernah beberapa kali telat, terus iseng TP dan hasilnya kayak ada 2 garis tapi yang satunya samar banget. Ya walau abis itu tamu bulanan datang juga sih sehingga jadi ngerasa di-PHP-in. Ibaratnya uda ge er bakal 'jadi' nih, e taunya malah haid beneran, hiks. Nyesek uda pasti dan ujungnya pasti selalu mewek, hahahaha... Padahal Pak Suami termasuk orang yang santai loh. Beliau bahkan selow-selow bae, ga pernah terpancang apa kata orang yang seolah-olah kudu cepet hamil atau punya anak abis nikah. Tapi dasar akunya aja sih yang baper jadi ngajakin hayuk ah kita promil. Soalnya terlanjur penasaran dan pengen tau gimana sih cara nentuin masa subur.... 






Sebenernya siklus haidku itu agak membingungkan, kadang teratur, tapi kadang juga berantakan. Mungkin karena stress kali ya, jadi hormon naik turun ga keruan. Uda gitu kayaknya tiap ketemu saudara pas lebaran pasti ditanyainnya, uda isi atau belum? Kok belum isi juga? padahal aku yakin banget kalo aku tu subur, dulu aja pas SD aku cenderung cepet dapet menstruasinya. Mikirku klo pas kecil cepet mensnya, itu artinya termasuk subur..., segitu ceteknya pemikiranku waktu itu. Ga memikirkan faktor lainnya juga.

Jadi pas awal-awal promil sih aku dateng ke dokter kandungan di RS Hermina Tangerang. Aku dan Pak Su bingung tuh mau ke dokter mana, secara dokter kandungan Hermina kan banyak ya ? Terus aku minta rekomendasi ke bagian resepsionis aja, kira-kira mana nih yang bagus ? Mana yang uda sukses bikin pasangan yang tadinya lama belum punya momongan tapi begitu konsul langsung bisa hamil ? Terus disarankanlah  kami ke dokter Iwan Darmawan, Spog. Dokter cowok sih. Uda lumayan senior juga. Tapi bagi kami ga masalah. Yang penting hasilnya udah terbukti nyata.

Pertama kali dateng buat promil, kesan yang kami tangkap adalah dokternya ramah, komunikatif, lucu, dan juga sabar ngejelasin ini itu karena kami termasuk yang awam soal promil-promilan. Ya walaupun antrinya subhanalloh puanjaaaaaang banget ya saking larisnya. Beliau juga klo ngejelasin cepet banget, bat bet bat bet gitu, tapi aku suka sih karena beliau berkompeten di bidangnya. 

Nah dari situ, kami ditanya dulu nih, uda berapa tahun kami married. Setelah dijawab masih itungan bulan, maka kami disuruh santai-santai aja dulu. Dinikmati aja dulu masa-masa berdua. Banyakin jalan-jalan dan honeymoon. Enjoy, jangan stress-stress hahahhaha.... Tapi tetep sih dicheck juga sistim reproduksiku kek gimana. Kan dicheck dari awal ga ada salahnya. Biar ketauan cepet kalo ada apa-apa. Dari situ aku dicheck pake USG Transvaginal yang dimasukinnya lewat bawah. Tujuannya buat mengetahui kondisi rahim, sel telur, dsb. 

Nah, pas dicheck itu katanya sih semua oke. Rahim bagus. Sel telur juga termasuk yang gede-gede. Jadi tungguin aja sampe dateng siklus haid berikutnya. Tar dikasih obat pematang sel telur buat dicheck pas haid hari ke berapa gitu lalu disuruh berhubungan dengan opsi tanggal-tanggal subur yang udah ditentukan. 

Selain itu aku juga ditanyain apakah selama ini ada keputihan. Aku bilang sih ada, walaupun ga sering. Nah, untuk mengatasinya, aku dikasih obat yang dimasukkan lewat miss v. Waktu pasangnya disarankan malem hari supaya ga kerasa karena kebawa tidur. Oh ya, sebelum dimasukkan itu--yang which is bentuknya gede bener, aku disarankan untuk pipis dulu, biar klo udah kepasang, ga bolak-balik musti ke kamar mandi. Kan sayang klo jatoh kena air waktu cebok, hahahha... Oh ya, rasanya setelah dipasangin itu ya aku bilang lumayan perih dan pedes ya. Paling paginya meleleh tuh tabletnya bersamaan dengan apa yang musti dibersihkan. Tapi pas berhubungan intim kata pak suami punyaku jadi seret bin rapet hahaha...memang iya jadi pedih pedih gitu saking rapetnya..Sebelumnya aja uda seret, dikasih itu malah tambah seret bin rapet...#kesenengan Pak Su hahhahah

Singkat kata, setelah terapi mengatasi keputihan, selanjutnya kayak biasa, datang lagi buat ngecek sel telur di haid hari ke berapa gitu (jujur lupa karena nulisnya latepost banget). Hal ini berlangsung beberapa kali pengulangan sih, karena aku masih saja haid. Padahal tadinya uda ngarep 'jadi' mengingat si dokternya bilang tiap kali usg transvaginal, sel telurnya selalu bagus. 

Lalu pas pertemuan ke berapa gitu, Pak Su juga dirujuk untuk tes analisa sperma yang mana setelahnya disuruh mengkonsumsi semacam antioksidan juga (klo ga salah mereknya oligocare). Nah abis itu ya kayak biasa, aku dikasih obat pematang sel telur dan disuruh berhubungan pas masa subur. Berhubungannnya uda ditentuin tanggal-tanggalnya. Pokoknya tanggal sekian sekian sekian, selang-seling, ga boleh terus tanpa jeda. Ya perkiraan aja kapan pas bener-bener menuju masa ovulasinya. Posisinya juga uda ditentukan. Katanya untuk posisi istri, biar meminimalisir ga kelua sia-sia setelah ejakulasi, ya posisinya misionaris aja. Lalu usahakan jangan bangun dulu setelah selesai berhubungan, bahkan klo bisa diganjel pake bantal bagian pantatnya biar spermanya ga keluar-keluar. Klo ga, bagian kaki musti diangkat tinggi-tinggi menyerupai posisi lilin selama kurang lebih 15 menit, atau bisa disandarkan juga ke arah dinding biar ga pegel. Pokoknya beneran penuh perjuangan deh klo nginget-nginget waktu itu hahahahha.... 

Nah dari situ, di tahun pertama nikah (klo ga salah setelah pertemuan ke-3 dengan dokter), akhirnya aku hamil juga dong walau sayangnya dinyatakan Blighted Ovum (BO) alias ga berkembang dan harus dikuret. Katanya sih karena ada polipnya. So setelah kuret itu, aku dikasih terapi suntik endrolin sebanyak 3 kali buat mematikan si polip endometriosis yang ternyata ada di dinding rahim. Oke deh, aku usaha buat beresin itu dulu. Harga suntikannya cukup mahal, klo ga salah untuk 1 kali suntikan bisa nyampe 1 jutaan, cuma waktu itu dikasih diskon karena dokternya ada langganan dari suppliernya.

Nah, setelah BO itu, aku ngerasa capek kan bolak-balik promil dan kudu nenggak obat pematang sel telur yang mana kayak ga berhenti-berhenti. Akhirnya aku pengen rehat dulu usaha promilnya. Pengen cooling down dulu lah istilahnya. Sekalian waktu itu juga mau memutuskan untuk resign, siapa tau dengan ini bisa ngurangin satu hal yang selama ini bikin stress.... Lagipula kali ini aku juga mau total ngejalanin ikhtiarnya. Karena jujur, promil dengan posisiku yang masih kerja itu capek ya. Capek jiwa raga. Lumayan boook musti bolak-balik PP yang tiap hari musti naik KRL. Apalagi klo pas office hour. Aduh itu mah stress banget akutu huhu. Belom yang di kantor ketemu something yang bikin bunek, jadi ya tambah banyak aja pikirannya hahhaha...

Untuk membangkitkan mood kembali pasca promil yang menguras energi dan juga kantong, akhirnya kami beneran istirahat dulu promilnya. Malah habis itu kami niat buat rajin olahraga seperti lari (mengingat jenis olahraga ini yang paling murah). Tujuannya sih biar banyak gerak, dan agar berat badanku turun (soalnya pasca konsumsi obat pematang sel telur dan aneka vitamin itu kayaknya bobot badanku jadi naik deh, jadi saatnya buaaaat.....eng ing eng... melangsingkan badan lagi). Siapa tau klo turun berat badan bisa cepet langsung hamil, hihihi. 

Jadi, uda deh..tiap Minggu, kami sengaja merapatkan diri ke alun-alun buat lari. Ya walaupun jujur aja aku lumayan ngos-ngosan juga ya--ga sefit dan seprima Pak Su yang emang jago olahraga sejak jaman SMA hahhaha... Selain itu aku juga niat buat ngurangin fastfood alias junkfood karena ingat wanti-wanti dokter.

So....selang 3 mingguan sejak rajin olahraga, suatu kali aku ngerasa kayak lemes-lemes gitu. Ya lemes, mual, pucet, juga pusing-pusing. Pokoknya kayak ciri-ciri orang hamil. Karena sebelumnya pernah ngerasain hal yang sama walaupun hamilnya BO. Nah setelah ngerasain hal itu, akhirnya aku penasaran juga dong. Nyobalah aku testpack dan jeng-jeng-jeeeeeng ! Garis dua dong, alias positif. Singkat cerita, akupun menjalani kehamilanku dengan penuh euforia yang selengkapnya pernah aku tuliskan di link berikut.

Baca juga : 

Testpack itu Sempat Positif
Cerita Kehamilan Trimester 1,2,3
Cerita Khamilan : 4 Bulanan
Cerita Kehamilan : 7 Bulanan
Daftar Perlengkapan yang harus Dibawa ke RS
Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir
Pengalaman Melahirkan Caesar (SC) Part 1
Pemulihan Pasca Caesar SC Berapa Lama?

Di kehamilanku tersebut, aku juga tetep kontrol ke dokter Iwan Darmawan Spog sampai tiba saatnya melahirkan. Bahkan ga lama setelah melahirkan, yakni saat bebyku masih berusia 5 bulan, aku hamil lagi dong... (soalnya uda pede aja ga pasang KB, mengingat sebelumnya juga hamilnya lama, jadi mikirnya eh ga mungkin lah hamil lagi, yang ternyata salah, alias diriku kebobolan). Hal ini pun langsung membuat obgynku ketawa ngakak sambil bilang : "Dulu aja hamilnya lama, sekarang bral-brul-bral-brul, uda macam kelinci aja, hahahha...". Ya, begitulah keajaiban Alloh. Jikalau uda berkehendak, maka kun fayakun terjadilah ! Jadi buat teman-teman pejuang momongan, tetep semangattt ! InsyaAlloh akan indah pada waktunya ^_^.

Btw untuk cerita lengkap kehamilan jarak dekatnya ini mau aku post di postingan terpisah ya....

Bersambung....