Minggu, 23 Juni 2019

Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan dan Laki-Laki (Berdasarkan Pengalaman)




"Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan dan Laki-Laki (Berdasarkan Pengalaman)"

@gustyanita_pratiwi


Pernah dianugerahi kehamilan buatku udah alhamdulilah banget. Banget banget banget, karena abis nikah emang ga langsung cepet dikasih momongan. Bukan berarti menunda, tapi memang belom waktunya aja dan ndilalahnya cukup lama juga pecah telornya (baca : dapat testpack garis dua). 

Ada jeda 3 tahun penantian untuk kehamilan yang beneran 'jadi' (fyi, sebelumnya sempat hamil ga berkembang di bulan ke-8 setelah merried). Jadi beneran kayak dapat jackpot pas awal tahun 2017 itu dinyatakan hamil. Lalu ga lama kemudian, awal 2018-nya dinyatakan hamil lagi--das des das des karena belom sempet KB LOL. 

Nah, kebetulan di 2 kehamilan berturut-turut itu, alhamdulilah udah pernah ngerasain yang namanya hamil dengan jenis kelamin perempuan maupun laki-laki. Jadi ceritanya di postinganku kali ini, aku mau sharing nih tentang pengalamanku waktu hamil keduanya. Ya, itung-itung  buat catatan pribadi, sapa tau kelak akan hamil lagi #eeeeh gimana....

Untuk ciri-cirinya, memang ga bisa disamaratakan dengan kehamilan orang lain ataupun mitos-mitos. Mungkin sebagian ada yang sama, tapi sebagian lagi ada yang berbeda. Ya paling ada 1-2 yang sama kayak mitos, tapi kebanyakan emang beda sih hahahhaha.... Ya semacam anomali gitu lah bahasa gampangnya.

Langsung aja deh daripada kebanyakan kata, aku tulis dalam konteks terpisah ya. Masing-masing dalam bentuk pointer, biar lebih mudah dibacanya. Yegak?



Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan (Berdasarkan Pengalaman)

  • Trimester pertama mabok parah. Mual muntah ga kenal waktu. Ga cuma pagi aja hoek-hoeknya, tapi juga sepanjang hari. Bahkan apa yang dimakan seringkali keluar dalam bentuk muntahan yang bagian kuning-kuningnya (cairan asam lambung). Kebayang kan klo udah keluar bagian kuning-kuningnya itu, itu perut perihnya kayak apa. Mana air liur rasanya encer banget lagi. Pun demikian dengan lidah yang jadi ikutan pahit. Beneran deh susah banget mau nelen apapun. Jangankan makan, minum aja kadang ga ada yang masuk. Air putih, jus-jusan, bahkan teh anget  kayak cuma selintasan doang. Apa yang diminum, pasti ga lama kemudian bakal keluar. Tapi anehnya rada baikan klo uda keisi nasi. Jadi mau ga mau, mau semual-mualnya perut tuh, klo uda mam nasi rasanya udah mendingan. Nah, buat menghilangkan rasa mualnya, aku siasatin pake yang pedes-pedes aja makannya macam makan nasi bebek hahhaha... pantes ae setelahnya sering batuk karena kebanyakan nelen minyaknya sambel nasi bebek.
  • Wajah juga pucettt banget. Badan ringkih bahkan di 3 bulan pertama berat badan turun drastis saking apa-apa ga bisa masuk. Klo berdiri nih, sering banget kliyengan. Mata juga berkunang-kunang. Kulit juga sering banget bentol-bentol warna merah kayak biduran gitu. Ini terjadi hampir tiap hari di pagi hari. Entah itu bawaan bayi atau alergi tertentu wallohualam, aku ga tau. Tapi ga aku apa-apain sih, walaupun nahan gatelnya tuh perjuangan banget. Selain bentol, keadaan kulit juga masyaalloh jadi jerawatan sebadan-badan. Bagian punggung apalagi, uuuh panen deh tuh jerewi-jerewi lucknut hahahhaha....Kepala juga rasanya beraaat banget. Mana belom sempet potong rambut lagi karena kena omongan kakak ipar yang ga ngebolehin potong rambut haduuuuuh, jadi kayak keberatan rambut (emang rambut w termasuknya yang tebel gitu jadi ya uda bisa dibayangkan sendiri gimana mumetnya ini pala hahaha). Pokoknya muka tuh berasa bladus banget, beneran ga ada cantik-cantiknya.
  • Urine warna kuning pekat. Terus aromanya lain ama pas belum hamil.
  • Keadaan psikis tuh bawaannya emosiiii terus. Kata suami sih jadi lebih cerewet. Terus jadi gampang mewek. Denger sesuatu hal yang mengharukan mewek, lagi kesel karena ga keturutan apa mewek, pokoknya nyebelin banget dah ahahahha...
  • Kalau mau ngapa-ngapain super ati-ati banget. Maklum dapetnya lama jadi kadang suka overprotected. Biasanya nih kalo uda ada di kamar mandi jalan suka pelaaaan banget macam kicot. Terus pipisnya juga ga lama-lama gitu jongkoknya, malah kadang dibela-belain dalam keadaan berdiri, saking kalo jongkok-jongkok takut flek dan ada trauma klo keguguran huhu. Uda gitu lantai kan rada licin ya jadi takut kepleset. Mandi juga bisa dikatakan jarang. Entah kenapa, waktu hamil si anak cewek ini, air di kamar mandi tuh berasa dingiiiin banget kayak air di kutub utara. Jadi mandinya sekali doang itupun pas jam 12.00 siang.
  • Memasuki trimester 2, nafsu makan udah membaik. Seringnya nih ya pengen sesuatu yang manis bin seger-seger. Jadilah tiada hari tanpa mangga. Bisa dibilang everyday is mangga day, kebetulan waktu itu emang lagi musim jadi gampang dapetnya. Pokoknya di kulkas selalu stok mangga harummanis dan Pak Suami rajin banget emang beliinnya. Kalo ngidam yang lainnya, sebenarnya ya ada juga sih, tapi ga yang aneh-aneh. Ya tau diri aja, paling mintanya yang ada di deket-deket situ. Plus terpenting, selalu buka di jam berapapun. Misalnya : nasi padang, nasi bebek, singkong keju, rujak, hokben termasuk pula mayonesnya, pempek, pisang goreng, nasgor, dll. Tiap malem juga perasaan memamah biak nasgor mulu tuh jadi berasa cepet banget ndutnya dari yang 3 bulan sebelumnya kurus kering.
  • Trimester 3, perut tuh kayak lonjong banget. Mbleber gitu deh klo diliat dari cermin. Napas udah engap dan ngos-ngosan. Kadang malah klo udah tiduran nih, mau bangun lagi rasanya susah. Kayak sesek napas. Kaki juga jadi sakit banget kalo mau berdiri. Udah macem orang struck aja huhu. Batuk pilek juga seriiing banget kejadian. Kayaknya malah hampir di tiap trimester ada deh, walau yang pake demam cuma kejadian pas trimester awal doang. Terus sering banget kepanasan dan bagian PD jadi besar gitu jadilah semua bra ga muat. Saking panasnya kadang ya klo di rumah pake yukensi doang hahaha...
Atas : waktu hamil anak kedua (laki-laki)
Bawah : waktu hamil anak pertama (perempuan)

Ngidam mangga setiap hari waktu hamil anak pertama

Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki (Berdasarkan Pengalaman)

Baca juga : 


  • Mual cuma ada di 2 minggu pertama aja. Selebihnya ga ada sama sekali. Bahkan kayaknya ga sampai muntah-muntah layaknya pas hamil anak pertama (yang berjenis kelamin cewek). 
  • Makan apa aja hajar ! Ga ada pantangan sama sekali. Paling suka ama yang asin-asin, gurih, pedes, asem. Klo buah, sering banget ngidam salak. Jadi klo yang hamil pertama punya slogan everyday is a mangga day, yang kedua, everyday is a salak day.
  • Sempet flek tapi dibawa bedrest udah oke lagi
  • Klo kata mitos wajah jadi kusem pas hamil anak cowok, justru di aku malah sebaliknya. Kata Pak Suami sih wajahku lebih kelihatan cantik gitu dari biasanya hahhaha *masa sehhhh ? Tapi klo aku ngaca di cermin sih ga ada yang berubah. Biasa bae. Cuma emang kulit ga sebermasalah pas hamil pertama. Jerawat ga ada di wajah. Tapi klo jerawat punggung sih ada 1-2.
  • Warna urine kuning bening.
  • Ga sebaperan pas hamil pertama. Malah cenderung cuek dan lempeng blas hahahhaha....lebih ngerti aja klo ada yang ga keturutan ya ga masalah.
  • Berhubungan suami istri lebih berani sih ga separno pas hamil anak pertama hahaaa. Paling seringnya dilakukan pas tm 2.
  • Badan ga berasa apa-apa. Srong-strong aja, bahkan sambil ngurus si anak pertama pun alhamdulilah ga ada drama. Paling ngehindarin jongkok lama pas bagian mandiin dan nyebokin. Jadi klo pas ada Papanya ya paling oper bentar suruh nacklein hahha...
  • Waktu hamil gede, perut bentuknya bulet dan maju. Terus udel jadi ikutan bodong banget sampai diciye-ciyein Pak Suami saking nonjolnya itu budel Mama Boooollll hahhaha.  Terus ada garis item di area setelah puser sampai atas area v yang warnanya tu jelas banget. 
  • Strechmark ada tapi di bagian betis bawaan pas hamil anak pertama.
  • Karena hamil dedeknya ndut, berat badan Mama juga ikutan meroket sampai 60 kg di 36 week hahahha... Nah di minggu-minggu ini, napas juga suka sesek, engap, kadang pegel minta ampun tapi udah susah gerak. Tapi alhamdulilah tensinya normal sih ga yang mendadak jadi tinggi kayak pas hamil anak pertama.

Nah, kayaknya segitu dulu deh hal-hal apa aja yang kejadian pas hamil anak pertama dan kedua yang berbeda jenis kelamin. Seingatku sih segitu. Ntar klo keingetan lagi, tinggal tambahin deh. Hihihi...



20 komentar:

  1. hei.. akhirnya posting juga kamu yaa.. udah tak tunggu-tunggu..haha..

    oh, jadi begitu nit bedanya hamil anak laki-laki dan perempuan. kalo aku kmrn hamil si arfan malah mual banget sampe 5 bulan.. huhu..

    eh, btw.. doakan aku suatu saat nanti dapet anak perempuan yaa.. mehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tiii uda bangun dari hibernasi akutuuu

      Amiiin amiiin ya rob
      Anak cewe biasanya nemploke ama bapake tapi tsay hahhaha

      Hapus
    2. lah anakku lanang nemploke juga ama bapake.. piye ki?
      asal ku tanya..
      "arfan anak siapa?"
      "anak ayah"
      "anak ibu bukan?'
      "bukan"

      lah gimana dong ini? haha

      Hapus
    3. Arfan bala balanya ayaaah ahahhaa

      Hapus
    4. Iya yak bada sekongkol ama bapaknya nih ahhaha

      Hapus
  2. makasih kak informasinya...
    mampir ke blog ana juga yaa

    BalasHapus
  3. Weh.. pengetahuan baru nih.. hehe.. thanks for share...

    BalasHapus
  4. wah udah 2 toh mbak nita,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari fotonya kirain masih single loh, heheh :D

      Hapus
    2. Wah musti tersanjung jilid 10 nih, gehehhe

      Hapus
  5. saya doakan mbak, moga nambah anak lagi yang ketiga :D

    BalasHapus
  6. Aku hamil pertama sampai ketiga ngebo aja tuh. Jadi gak mual gak muntah dll. Nggak teler lah pokoknya. Apa karena anak cowok semua ya. Eh tapi yg hamil anak ketiga perkecualian soalnya hamilnya dah tua , 38 th pas hamil. Jadi semester awal ngos ngosan kayak sesak nafas. Abis itu biasa lagi. Wajah juga gak kusam sih. Malah kusaman sekarang deh kayaknya. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mb putra putrane njenengan cakep cakeppp eaaaa

      Hapus
  7. Nita, tetanggaku tuh ada yg tau anak yg dikandung cewek/cowok cm liat dari bentuk mblendung perutnya lho. Aku ga bisa, huhuhu.

    Anakku kan cewek, pas hamil malah kebalikan dari kamu. Beda2 ya tiap orang.

    Makasih ya sharingnya. Jadi inget pas hamil dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mb pit cerita crita pas dikau hamil dong mbaaaa puhliiiiis

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...